Home » » Active Learning dalam Ruangan Kelas yang Besar

Active Learning dalam Ruangan Kelas yang Besar

Written By Danu Nimbuzz on Kamis, 04 September 2014 | 9:32:00 AM

Active Learning dalam Ruangan Kelas yang Besar - Berpikir, Pair, Share dan menyajikan pertanyaan atau masalah. Biarkan selama beberapa menit bagi siswa untuk berpikir tentang tantangan. Kemudian satu saham siswa sebagai yang lain mendengarkan. Kemudian siswa kedua mengulangi untuk pertama apa yang mereka katakan dan mereka memeriksa kejelasan atau memperbaiki kesalahan.

Dalam kebanyakan kelas sejumlah kecil siswa melakukan sebagian besar peserta; itu adalah umum untuk satu atau dua siswa untuk menjawab sebagian besar pertanyaan. Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak siswa untuk berpikir tentang pertanyaan Anda adalah dengan meminta siswa untuk menulis jawabannya. Kemudian Anda dapat memanggil seseorang yang tidak biasanya sukarelawan dan mungkin mereka akan merasa lebih baik tentang menjawab pertanyaan.

Mintalah siswa memberikan respon non-verbal sebagai sebuah kelompok dalam menanggapi pertanyaan dalam diskusi. Hal ini memungkinkan guru untuk memeriksa pemahaman, mendapatkan umpan balik dari semua siswa, dan memiliki keuntungan tambahan yang memungkinkan semua siswa untuk menjadi peserta aktif. Tanggapan non-verbal bekerja dengan baik untuk jangka pendek, jawaban sederhana. Doronglah siswa untuk memberikan tanggapan dengan cara yang mereka berbagi dengan Anda, bukan dengan seluruh kelas.

Mintalah siswa memberikan respon kelompok paduan suara, mungkin sebagai "berbagi" bagian dari "berpikir, pasangan, berbagi". Sekali lagi, ini yang terbaik untuk pertanyaan dengan jawaban singkat.

Mendorong siswa untuk memberikan umpan balik positif kepada siswa yang telah datang ke papan atau membuat presentasi kelas. Misalnya, "Mari kita beri Mary tiga tepukan untuk itu!" Atau "Saya pikir George layak sebuah" Oh, ya "untuk itu. Hal ini memungkinkan siswa untuk aktif, untuk memberikan kredit kepada teman sekelas dan itu menyenangkan!

Jangan biarkan siswa untuk "keluar". Jika seorang siswa tidak bisa menjawab pertanyaan, beralih ke siswa lain, tetapi kemudian kembali ke siswa pertama dan bertanya lagi. Dengan cara ini, siswa tahu bahwa mengatakan "Saya tidak tahu" tidak membuat mereka dibebaskan dari berpikir dan memperhatikan.

Biarkan siswa untuk mempresentasikan bagian dari masalah dan kemudian "lulus pena" ke teman sekelas pilihan mereka. Setelah meminta siswa untuk bekerja berpasangan, meminta mereka untuk hadir di papan bersama-sama.

Semoga paparan di atas dapat bermanfaat bagi para pengunjung semua, selamat mencoba metode ini.

Written by : Danu Nimbuzz - Saya adalah Saya

Nama saya Danu Murdiono, nama lain saya adalah Danu Nimbuzz. Saya lahir di Tegal dan sekarang saya masih belajar di Universitas Pancasakti Tegal.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: About Me ::

8 komentar:

  1. Metode Active Learning yang luar biasa untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki

    Thanks Sharingnya kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi mencoba menyebakan Metode Active Learning nih bang rian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. wah langkah-langkah active learningnya gampang dipahami bagi guru muda seperti saya ini kang, sangat membantu dalam pengajar besok nih.
    makasih ya ilmunya, moga jadi pahala buat akang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, silahkan diperaktekan mas. :) semoga bermanfaat yaa.

      Hapus
    2. MAs Cilembu mau kembali jadi guru lagi ya .... :)

      Hapus
  3. wah sangat cocok nih tips nya buat para pengajar

    BalasHapus
  4. Pembeljaran yang benar adalah siswa banyak mengungkapkan idenya ... jadi guru tugasnya memancing ide dan mengarahkan ... semacam fasilitatorlah .... Thanks sharingya ya :)

    BalasHapus