Home » » Basis Kendala dalam Poses Pembelajaran

Basis Kendala dalam Poses Pembelajaran

Written By Danu Nimbuzz on Kamis, 04 September 2014 | 8:00:00 AM

Basis Kendala dalam Poses Pembelajaran - adalah istilah lain yang umum yang mencakup berbasis Inquiry- belajar, Enquiry berbasis belajar dan pemecahan masalah belajar . Basis Kendala dalam Poses Pembelajaran sebagian besar terkait dengan perkembangan pendidikan kedokteran di Amerika Utara dan pendidikan teknik di Kanada di McMaster University.

Basis Kendala dalam Poses Pembelajaran dalam bentuk awalnya adalah pendekatan yang sangat terstruktur dan sebagai Howard Barrows mengatakan "belajar berbasis masalah telah menjadi istilah populer dalam pendidikan dan sekarang sering diterapkan pada metode pendidikan dan inovasi yang tidak menyerupai apa banyak dari kita bekerja di bidang penelitian pembelajaran dan pengembangan akan mengakui sebagai pembelajaran berbasis masalah berbasis masalah.
 
 
"(Barrows, 2007) Inti dari pendekatan ini adalah untuk mengatur bahan ajar di sekitar studi kasus atau skenario daripada disiplin akademis tertentu, dengan tujuan memungkinkan" diri peserta didik -directed untuk terlibat dengan proses self-ditentukan penyelidikan "

(HEA, 2006) dalam pendidikan kedokteran tujuannya adalah untuk membantu dengan identifikasi yang benar dari gejala pasien tertentu dan untuk alasan itu telah pindah ke EBL / IBL di ilmu-ilmu sosial atas dasar bahwa dalam ilmu sosial masalah cenderung lebih terbuka dengan tidak ada solusi tunggal.

Pendekatan EBL disukai karena mendorong siswa untuk mendapatkan keterampilan merumuskan keterampilan yang sesuai seperti berpikir kritis, merumuskan pertanyaan dan bekerja bersama-sama.

Salah satu aspek penting dari Masalah Pembelajaran Berbasis adalah perubahan peran guru. Daripada memiliki peran tradisional pemegang pengetahuan yang bertugas untuk mengirimkan ke peserta didik, peran menjadi lebih dari seorang fasilitator atau pelatih yang tanggung jawab utamanya adalah untuk mendengarkan peserta didik sehingga ia dapat membimbing mereka dalam mereka pertanyaan. Hal ini memerlukan re-orientasi utama bagi staf yang telah terbiasa dengan pendekatan didaktik tradisional dan dapat menjadi hambatan yang signifikan dalam penerapan metodologi ini.

Written by : Danu Nimbuzz - Saya adalah Saya

Nama saya Danu Murdiono, nama lain saya adalah Danu Nimbuzz. Saya lahir di Tegal dan sekarang saya masih belajar di Universitas Pancasakti Tegal.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: About Me ::

2 komentar:

  1. metode pembelajaran memang sangat di butuhkan sehingga kendala dalam proses belajar dapat sedikit teratasi :)

    BalasHapus
  2. Iya bener banget mba defa, semoga bermanfaat,

    BalasHapus