Home » » Cara Mencegah Adanya Siswa yang Mendominasi saat Diskusi

Cara Mencegah Adanya Siswa yang Mendominasi saat Diskusi

Written By Danu Nimbuzz on Rabu, 03 September 2014 | 7:22:00 AM

Cara Mencegah Adanya Sswa yang Mendominasi saat Diskusi - Ketika kita mengadakan ruang diskusi di kelas, biasanya suka ada siswa yang mendomnasi menguasai perbincangan dalam diskusi. Kondisi ini menjadi terlihat kurang baik dikarenakan siswa-siswa yang lainnya justru malah terlihat pasif. untuk mencegah hal demikian, perhatikan dua tips berikut :

Pertama, Berikan semua orang lima atau enam klip kertas (Anda mungkin ingin mendapatkan yang berwarna) dan memberitahu mereka untuk membawa mereka ke setiap kelas. Setiap kali seorang siswa membuat kontribusi terhadap diskusi, ia harus meletakkan klip di depan mereka. Ketika siswa menggunakan up klip mereka diberikan, mereka tidak bisa bicara lagi. Hal ini dapat membantu orang-orang yang dominan untuk menghemat komentar untuk nanti.

Kedua, Daripada meminta siswa pertama yang mengangkat tangan mereka, membiasakan siswa untuk meningkatkan, dan kemudian menurunkan tangan mereka setelah Anda telah melihat mereka. Mereka tidak perlu mengangkat tangan mereka tinggi, cukup tinggi bagi Anda untuk mengangguk atau mengakui bahwa Anda telah melihat mereka. Anda dapat membuat jelas bahwa Anda akan memanggil seorang mahasiswa setelah sebagian besar siswa memiliki waktu untuk menjawab. Kemudian Anda dapat memutuskan siapa yang harus dihubungi di.

Itulah dua cara agar tidak ada yang mendominasi dalam kelas ketika membuka forum diskusi di ruang kelas. semoga bermanfaat.

Written by : Danu Nimbuzz - Saya adalah Saya

Nama saya Danu Murdiono, nama lain saya adalah Danu Nimbuzz. Saya lahir di Tegal dan sekarang saya masih belajar di Universitas Pancasakti Tegal.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: About Me ::

0 komentar:

Posting Komentar