Home » , » Mengenali Android CWM dan Fungsinya

Mengenali Android CWM dan Fungsinya

Written By Danu Nimbuzz on Senin, 24 November 2014 | 2:59:00 AM

Mengenali Android CWM dan Fungsinya - ClockWorkMod ( CWM ) adalah sebuah recovery pada perangkat Android yang dibuat oleh Koush seorang developer Android ROM Manager, yang bentuk fungsi dan penerapannya hampir serupa dengan recovery default.
Fitur-fitur yang ada di dalam CWM
1. Reboot system now. Reboot / restart perangkat android kalian.
2. Apply update from sdcard. Hal ini dapat digunakan untuk instalasi dari setiap update resmi dari market atau tidak resmi, ROM, kernel, tema, dll masih banyak lagi yang dapat diinstal dalam format zip dari recovery, update.zip. File zip telah ditempatkan pada SD card (yaitu tidak dalam sub-folder). Setelah memilih opsi ini selanjutnya akan muncul konfirmasi untuk memastikan bahwa pilihan kalian itu benar.
3. Wipe data/factory reset. Pilihan ini menghapus semua data pengguna pada perangkat serta cache. Memilih opsi ini sama saja seperti kalian melakukan factory reset dari menu setting > privacy > factory reset. Semua aplikasi, setting dan data pada perangkat akan ter-reset seperti ketika kalian pertama kali menginstall ROM (untuk custom ROM) atau seperti ketika kalian baru saja membuka kardus dan mengaktifkanya (untuk stock ROM). Opsi ini tidak akan reset memory externalmu.
4. Wipe cache partition. Membersihkan cache partisi pada perangkat, tujuanya untuk menghapus semua data yang terkumpul di sana selama penggunaan / data user. Hal ini sering digunakan sebelum menginstal ROM, aplikasi baru, kernel atau mod serupa melalui recovery.
5. Install zip from sdcard. Opsi ini memungkinkan kalian untuk install file dengan format zip, namun tidak harus bernama update.zip dan tidak harus terletak pada root sd card jadi lebih leluasa. Setelah anda pilih opsi ini maka akan muncul beberapa opsi-opsi lagi, 
  • Apply sdcard update.zip. opsi ini pada dasarnya sama dengan 'apply update from sdcard' pilihan menu utama. 
  • Choose zip from sdcard. Memungkinkan kalian menginstal file zip (dengan nama apapun) dari setiap lokasi pada kartu SD kalian. File bisa dipakai untuk ROM, kernel, aplikasi, tema atau mod, asalkan itu dalam flashable recovery format zip. Ini bisa dibilang pilihan yang paling banyak digunakan untuk memasang ROM yang telah kalian download dan disalin ke kartu SD.
  • Toggle signature verification. Ketika verifikasi tanda aktif, kalian tidak akan dapat menginstal custom ROM yang belum ditandai oleh para pengembang (custom ROM yang tidak ditandai).
  • Toggle script asserts. Jarang digunakan pilihan ini oleh sebagian besar pengguna recovery. karena hanya mengubah skrip untuk menegaskan script tersebut akan aktif atau nonaktif.
  • +++++Go Back+++++ Membawa kalian kembali ke menu utama.
6. Backup and Restore. Tidak perlu diragukan lagi, karena opsi ini merupakan salah satu fitur yang paling penting yang disediakan oleh custom recovery, fitur backup dan restore juga dikenal sebagai cadangan Nandroid / NANDROID BACKUP yang memungkinkan kalian untuk mengambil data dan file dari seluruh memori internal telepon kalian termasuk semua partisi dan simpan di kartu SD.
7. Mounts and Storage. Memungkinkan kalian untuk melakukan tugas pemeliharaan pada semua partisi internal dan eksternal dari perangkat android kalian.
8. Advanced. Bagian ini berisi beberapa pilihan, sebagian besar pengguna tidak akan membutuhkan, meskipun ini sebenarnya sering, bahkan cukup berguna terutama wipe Dalvik cache, yang diperlukan sebelum instalasi pada sebagian ROM.
9. Power off. Mematikan perangkat android kalian.
10. +++++Go Back+++++  Membawa kalian kembali pulang ke menu utama.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan install dari CWM :
• Periksa baterai, jangan terlalu rendah karena ketika kalian melakukan flash dan baterainya habis akan menyebabkan brick pada perangkatdan bisa menyebabkan kerusakan.
• Terkadang beberapa perangkat memerlukan unlocking bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi (Stock Android Devices Only).
• Ponsel kalian sudah dalam posisi rooting. kalau belum di root dulu (beberapa perangkat bisa langsung install cwm tanpa root seperti andromaxi)
• Jangan lupa untuk tetap melakukan backup sebelum kalian memulai melakukan mod pada perangkat android kalian untuk mengantisipasi kehilangan data setelah proses selesai.

Semoga bermanfaat.
Jika anda ingin menghubungi saya bisa melalu email danumurdiono@gmail.com atau dapat mengunjungi laman Contac Me.

DanuNimbuzz.com - Mengenali Android CWM dan Fungsinya

Written by : Danu Nimbuzz - Saya adalah Saya

Nama saya Danu Murdiono, nama lain saya adalah Danu Nimbuzz. Saya lahir di Tegal dan sekarang saya masih belajar di Universitas Pancasakti Tegal.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: About Me ::

0 komentar:

Posting Komentar