Home » » Macromedia Flash 8 Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif

Macromedia Flash 8 Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif

Written By Danu Nimbuzz on Kamis, 04 Februari 2016 | 3:27:00 AM



Macromedia Flash merupakan suatu program aplikasi yang dapat digunakan untuk menyusun suatu media pembelajaran berbasis komputer. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan terutama dalam hal animasi dengan cara mengatur script pada masing-masing objek. Animasi sangat baik untuk presentasi, permodelan, simulasi, dokumentasi dan lain-lain. 

Macromedia Flash memiliki beberapa keunggulan daripada software lain, yakni animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol sesuai dengan materi pembelajaran yang dikehendaki. Ini menjadikan Flash sebagai media yang hidup dan menarik minat siswa dalam pembelajaran serta mempermudah siswa mengingat dan memahami materi yang dipelajari.
Area kerja Macromedia Flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu Bar, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel Library.
a.    Menu Bar
Menu Bar adalah barisan menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan pada Macromedia Flash.
1)        File : berisi kumpulan menu yang berhubungan pada dokumen flash. Misalnya menu save untuk menyimpan dokumen flash.
2)        Edit : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan objek di stage. Misalnya menu select all yang digunakan menyeleksi seluruh objek di stage.
3)        View : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan tampilan di stage. Misalnya menu zoom in yang digunakan untuk memperbesar tampilan stage.
4)        Insert : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan timeline, symbol serta scene. Misalnya menu scene digunakan untuk menambahkan scene pada dokumen flash.
5)        Modify : berisi kumpulan menu yang digunakan untuk mengedit objek di stage. Misalnya menu convert to symbol yang digunakan untuk membuat objek menjadi symbol.
6)        Text : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan huruf. Misalnya menu font yang digunakan untuk memilih jenis huruf.
7)        Commands : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan flash javascript. Misalnya menu run command yang digunakan untuk menjalankan flash javascript.
8)        Control : berisi kumpulan menu yang digunakan untuk melihat hasil animasi/objek yang anda buat. Misalnya menu play yang digunakan untuk menjalankan animasi di timeline.
9)        Window : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan panel-panel di flash. Misalnya menu actions yang digunakan untuk menampilkan panel actions.
10)    Help : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan tutorial dan cara menggunakan flash. Misalnya menu flash help yang digunakan untuk menampilkan panel berisi tutorial dan cara menggunakan flash.
b.   Toolbox
Dalam  bagian  ini  berisi  alat-alat  (tools)  yang  berguna untuk  membentuk  dan mengubah tampilan dari berbagai macam objek.
1)        Selection Tool : untuk menyeleksi objek atau mengubah bentuk sebuah objek.
2)        Subselection Tool : untuk mengubah bentuk sebuah objek pada titik.
3)        Line Tool : untuk membuat bentuk garis.
4)        Lasso Tool : untuk memotong objek.
5)        Pen Tool : untuk membuat bentuk objek dalam titik atau node.
6)        Text Tool : untuk membuat teks.
7)        Oval Tool : untuk membuat bentuk oval atau lingkaran.
8)        Rectangle Tool dan Polystar Tool : untuk membuat bentuk persegi / kotak (rectangle) dan segilima (polistar).
9)        Pencil Tool : untuk membuat  bentuk  yang disukai,  namun berbasis garis.
10)    Brush Tool : untuk membuat bentuk objek yang berbasis brush.
11)    Free Transform Tool : untuk  mengubah bentuk ukuran.
12)    Fill Transform Tool : untuk mengubah warna gradasi.
13)    Ink Bottle : untuk mewarnai garis tepi objek atau stroke.
14)    Paint Bucket Tool : untuk mewarnai objek atau fill.
15)    Eyedropper  Tool : untuk menduplikat warna.
16)    Eraser Tool : untuk menghapus objek.
17)    Hand Tool : untuk menggeser layer seperti halnya tangan.
18)    Zoom Tool : untuk memperbesar atau memperkecil layer seperti halnya lup.
19)    Color merupakan tools : untuk mengubah warna dari objek berupa warna stroke maupun fill.
20)    Stroke Color Tool : untuk mewarnai bentuk stroke atau garis luar dari objek.
21)    Fill Color Tool : untuk memberi warna dalam pada objek.
c.    Stage
Stage merupakan bagian dari Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat, mengerjakan atau meletakkan objek.
d.   Timeline
Timeline merupakan panel utama yang berfungsi untuk mengatur cepat atau lambatnya animasi yang kita buat dan sebagai wadah untuk menyatukan objek- objek dari setiap layer.
1)        Layer adalah suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie flash.
2)        Keyframe adalah suatu frame berisikan satu objek atau lebih. Keyframe ditandai dengan bulatan hitam pada frame.
3)        Blank Keyframe, adalah suatu frame kosong dimana di dalamnya tidak ada objek. Apabila Blank Keyframe tersebut diisikan sebuah objek, maka akan menjadi Keyframe. Blank Keyframe ditandai dengan bulatan putih pada frame.
4)        Playhead adalah suatu alat yang berfungsi untuk menjalankan animasi di stage  tanpa  perlu  melakukan  Test  Movie  terlebih  dahulu.  Playhead ditandai dengan kotak slider berwarna merah yang terletak di atas frame.
5)        Frame adalah suatu wadah bingkai yang membentuk suatu movie flash. Movie terdiri atas sekumpulan gambar yang berurutan sehingga apabila dijalankan, movie terlihat seolah-olah bergerak.
e.    Panel Library
Panel Library merupakan panel yang digunakan untuk menampilkan objek-objek yang dibuat di flash. Objek-objek tersebut berupa movie clip, button, dan graphic.


Semoga bermanfaat.
Jika anda ingin menghubungi saya bisa melalu email danumurdiono@gmail.com atau dapat mengunjungi laman Contac Me.

DanuNimbuzz.com - Inject Telkomsel Squid Update April 2015 ( As Sakti )

Written by : Danu Nimbuzz - Saya adalah Saya

Nama saya Danu Murdiono, nama lain saya adalah Danu Nimbuzz. Saya lahir di Tegal dan sekarang saya masih belajar di Universitas Pancasakti Tegal.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: About Me ::

0 komentar:

Posting Komentar