Macromedia Flash
merupakan suatu program aplikasi yang dapat digunakan untuk menyusun suatu media
pembelajaran berbasis komputer. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan
terutama dalam hal animasi dengan cara mengatur script pada masing-masing objek.
Animasi sangat baik untuk presentasi, permodelan, simulasi, dokumentasi dan
lain-lain.
Macromedia
Flash memiliki beberapa
keunggulan daripada software lain,
yakni animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol sesuai dengan materi pembelajaran
yang dikehendaki. Ini menjadikan Flash
sebagai media yang hidup dan menarik minat siswa dalam pembelajaran serta
mempermudah siswa mengingat dan memahami materi yang dipelajari.
Area
kerja Macromedia
Flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu Bar, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel Library.
a. Menu Bar
Menu Bar adalah barisan menu yang berisi kumpulan
perintah yang digunakan pada Macromedia
Flash.
1)
File : berisi kumpulan menu yang berhubungan
pada dokumen flash. Misalnya menu save untuk menyimpan dokumen flash.
2)
Edit : berisi kumpulan menu yang berhubungan
dengan objek di stage. Misalnya menu select all yang digunakan menyeleksi
seluruh objek di stage.
3)
View : berisi kumpulan menu yang berhubungan
dengan tampilan di stage. Misalnya
menu zoom in yang digunakan untuk memperbesar
tampilan stage.
4)
Insert : berisi kumpulan menu yang berhubungan
dengan timeline, symbol serta scene.
Misalnya menu scene digunakan untuk
menambahkan scene pada dokumen flash.
5)
Modify : berisi kumpulan menu yang digunakan
untuk mengedit objek di stage.
Misalnya menu convert to symbol yang
digunakan untuk membuat objek menjadi symbol.
6)
Text : berisi kumpulan menu yang berhubungan
dengan huruf. Misalnya menu font yang
digunakan untuk memilih jenis huruf.
7)
Commands : berisi kumpulan menu yang berhubungan dengan
flash javascript. Misalnya menu run command yang digunakan untuk
menjalankan flash javascript.
8)
Control : berisi kumpulan menu yang digunakan
untuk melihat hasil animasi/objek yang anda buat. Misalnya menu play yang digunakan untuk menjalankan
animasi di timeline.
9)
Window : berisi kumpulan menu yang berhubungan
dengan panel-panel di flash. Misalnya
menu actions yang digunakan untuk
menampilkan panel actions.
10)
Help : berisi kumpulan menu yang berhubungan
dengan tutorial dan cara menggunakan flash.
Misalnya menu flash help yang
digunakan untuk menampilkan panel berisi tutorial dan cara menggunakan flash.
b. Toolbox
Dalam
bagian ini berisi
alat-alat (tools) yang berguna untuk
membentuk dan mengubah tampilan
dari berbagai macam objek.
1)
Selection Tool : untuk menyeleksi objek atau mengubah
bentuk sebuah objek.
2)
Subselection Tool : untuk mengubah bentuk sebuah objek pada
titik.
3)
Line Tool : untuk membuat bentuk garis.
4)
Lasso Tool : untuk memotong objek.
5)
Pen Tool : untuk membuat bentuk objek dalam titik
atau node.
6)
Text Tool : untuk membuat teks.
7)
Oval Tool : untuk membuat bentuk oval atau lingkaran.
8)
Rectangle Tool dan Polystar
Tool : untuk membuat bentuk persegi / kotak (rectangle) dan segilima (polistar).
9)
Pencil Tool : untuk membuat bentuk
yang disukai, namun berbasis
garis.
10)
Brush Tool : untuk membuat bentuk objek yang berbasis
brush.
11)
Free Transform Tool : untuk
mengubah bentuk ukuran.
12)
Fill Transform Tool : untuk mengubah warna gradasi.
13)
Ink Bottle : untuk mewarnai garis tepi objek atau stroke.
14)
Paint Bucket Tool : untuk mewarnai objek atau fill.
15)
Eyedropper Tool : untuk menduplikat warna.
16)
Eraser Tool : untuk menghapus objek.
17)
Hand Tool : untuk menggeser layer seperti halnya
tangan.
18)
Zoom Tool : untuk memperbesar atau memperkecil layer
seperti halnya lup.
19)
Color merupakan tools : untuk mengubah
warna dari objek berupa warna stroke
maupun fill.
20)
Stroke Color Tool : untuk mewarnai bentuk stroke atau garis luar dari objek.
21)
Fill Color Tool : untuk memberi warna dalam pada objek.
c. Stage
Stage merupakan bagian dari Macromedia
Flash yang digunakan untuk membuat, mengerjakan atau meletakkan objek.
d. Timeline
Timeline merupakan panel utama yang berfungsi untuk mengatur cepat atau
lambatnya animasi yang kita
buat dan sebagai wadah untuk menyatukan objek-
objek dari setiap layer.
1)
Layer adalah suatu lapisan transparan yang
berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie flash.
2)
Keyframe adalah suatu frame berisikan satu objek
atau lebih. Keyframe ditandai dengan
bulatan hitam pada frame.
3)
Blank Keyframe, adalah suatu frame kosong dimana di
dalamnya tidak ada objek. Apabila Blank
Keyframe tersebut diisikan sebuah objek, maka akan menjadi Keyframe. Blank Keyframe ditandai dengan bulatan putih pada frame.
4)
Playhead adalah suatu alat yang berfungsi untuk
menjalankan animasi di stage tanpa
perlu melakukan Test Movie
terlebih dahulu. Playhead
ditandai dengan kotak slider berwarna
merah yang terletak di atas frame.
5)
Frame adalah suatu wadah bingkai yang membentuk
suatu movie flash. Movie terdiri atas sekumpulan gambar
yang berurutan sehingga apabila dijalankan, movie
terlihat seolah-olah bergerak.
e.
Panel Library
Panel Library merupakan panel
yang digunakan untuk menampilkan objek-objek yang dibuat di flash. Objek-objek tersebut berupa movie clip, button, dan graphic.
Semoga bermanfaat.
Jika anda ingin menghubungi saya bisa melalu email danumurdiono@gmail.com atau dapat mengunjungi laman Contac Me.
DanuNimbuzz.com - Inject Telkomsel Squid Update April 2015 ( As Sakti )
0 komentar:
Posting Komentar